Apakah Backlink Masih Penting?


Apakah Backlink Masih Penting - Menurut Su Rahman pada bukunya SEO Pamungkas nya, backlink adalah sebuah website yang memberikan link ke website lain. Dan menurut saya, backlink sudah tak terlalu harus diutamakan. Karena sudah ada faktor yang lebih penting daripada mencari atau menyuntikkan backlink, apalagi kalau kita mengincar naiknya ranking suatu domain. Sekarang backlink bukan faktor utama.


Google lebih suka konten bermanfaat

Saat ini Google lebih suka website yang memberikan konten yang bermanfaat bagi pembaca dan yang akan muncul di SERP. Karena akhir-akhir ini, backlink sering disalahgunakan oleh para pemilik website yang nakal untuk mengakali ranking domain pada google, dengan harapan si pemilik website dapat bersaing dengan website lain di SERP.


Google keluarkan kebijakan spam

Namun Google itu sangat lincah, oleh sebab itu Google mengeluarkan banyak kebijakan yang membuat hancur para pemilik website yang hobi melakukan spam backlink dan tentu saja konten yang ditulis mereka juga kurang bermanfaat.


Ini cara melakukan backlink yang benar

Dulu SEO itu masih gampang, mau bidik kata kunci yang kita pengen. hanya lakukan backlink sebanyak-banyaknya saat itu SEO nya akan sukses dan dapat berkompetisi dengan website lain. 

Sedangkan saat ini, backlink tak se efektif dan berpengaruh seperti dulu. Sudah bukan berapa banyak atau jumlah backlink tetapi pada relevansi backlinknya.


Misalkan website konsultan kontraktor rumah memberikan backlink pada website konsultan kontraktor hotel, saya rasa ini masih relevan sehingga fine fine saja, karena masih tergolong mirip, sama dan relevan sebagai kontraktor bangunan. Beda ceritanya kalau website konsultan kontraktor rumah memberi backlink ke website jasa pembuatan website, gak nyambung dong, ini yang salah.


Suka menaikkan site authority

Google tidak pernah membuat namanya domain authority, domain rating dan lain-lain karena itu bukan buatan google. Seharusnya pemilik website lebih banyak fokus membuat konten yang bermanfaat bagi user bukan fokus menaikkan site authority karena hanya membuat waktu. Sedangkan kalau kita fokus ke pembuatan konten yang bermanfaat, Google akan lebih mudah mengenali website kita dan google akan suka dengan website kita.


Jadi akhir kata dari saya, kalo mau melakukan backlink lihat dari faktor relevansi bukan jumlah backlink. Dan hindari praktik spam backlink karena Google akan mengcap website anda melanggar kebijakan soal spamming.

LihatTutupKomentar